Ini 6 Cara mudah untuk mengusir ngantuk saat Puasa Ramadhan

Ini 6 Cara mudah untuk mengusir ngantuk saat Puasa Ramadhan

Tak dipungkiri jika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan penuh dengan tantangan. Bahkan beberapa hal yang dianggap sepele di hari-hari biasa, terasa berat dilakukan pada saat sedang berpuasa. Ini adalah cobaan bagi orang-orang beriman untuk bisa membuktikan ketaatannya dan juga mampu mengendalikan hawa nafsunya. Nah, buat kamu yang sering sekali merasakan kantuk saat menjalankan ibadah puasa, pastinya harus mencari solusi agar tetap produktif meski badan terasa lemas dan rasa kantuk mendera hebat. Memang sih bawaannya ingin selalu tidur dan badan malas diajak beraktifitas. Tapi tentu puasa bukan jadi ajang untuk bermalas-malasan dan tak produktif kan? Atasi dengan beberapa tips sederhana ini. 


Tetap segar dan anti ngantuk saat menjalankan ibadah puasa 
Semua orang ingin merasakan Ramadhan berkah di tahun ini. Apalagi suasana Ramadhan yang menyenangkan akan sangat sayang sekali jika terlewatkan dan dihabiskan dengan tidur dan hal-hal tak bermanfaat lainnya. Pahala jadi berkurang dan juga nila berpuasa jadi hambar karena tak diisi dengan kegiatan ibadah penunjang dan juga aktifitas yang produktif lainnya. Tak menutup kemungkinan Ramadhan Berkah yang kamu idam-idamkan bisa tercapai dengan baik dan mendapatkan pahala yang berlimpah. Coba perhatikan cara mudah untuk mengusir kantuk ini agar Ramadhan berkah di tahun ini bisa kamu jalani dengan penuh keceriaan. 

Olahraga 
Jangan kira jika berolah raga justru membuat badan lemas dan alhasil membatalkan puasa karena kekurangan energi. Olah raga yang dimaksud adalah olah raga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari atau sore hari. Kamu bisa menerapkan olah raga sederhana ini saat berangkat ke masjid untuk shalat subuh. Dengan berjalan kaki maka peredaran darah menjadi lebih lancar dan tubuh akan semakin fit dalam menjalani kegiatan seharian hingga waktu berbuka tiba. Ditambah lagi kamu bisa berolah raga ringan di sore hari sebelum waktu berbuka. Aktifitas ngabuburit bisa diisi dengan berjalan-jalan santai menuju masjid atau ke pasar sekitar rumah. Dengan mengoptimalkan olah raga sederhana ini, kamu tidak akan merasakan ngantuk lagi. 

Konsumsi air putih 
Di saat kondisi orang tak berpuasa saja, kita dianjurkan untuk mengkonsumis air putih minimal 2 liter perhari. Tujuannya sangat jelas yaitu melancarkan metabolism tubuh dan juga menjaga fokus serta konsentrasi saat melakukan aktifitas sehari-hari. Namun pada saat berpuasa, mungkin mengonsumsi air putih ini akan terkendala dengan waktunya. Kamu harus mengkonsumsi banyak air putih di waktu malam dan saat sahur untuk memastikan tidak kekurangan cairan tubuh selama berpuasa di siang hari. Jadi mendapatkan konsumsi ideal air putih itu bisa dipenuhi saat sahur dan berbuka. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, maka tubuh akan tetap segar dan fokus pada aktifitas harian yang lebih baik. Rasa kantuk bisa diminimalisir karena respon tubuh cukup mendapatkan asupan air putih. 

Wudhu 
Wudhu adalah cara lain untuk mengusir ngantuk. Basuhan air ke beberapa bagian tubuh bisa membuat rasa segar sehingga rasa kantuk bisa hilang. Setelah berwudhu ada baiknya jika dilanjut dengan sholat dhuha atau membaca Al Quran. Dengan mengisi waktu dengan berwudhu dan beribadah, tentu ada kegiatan yang direspon tubuh menjadi lebih positif dan rasa kantuk yang tadinya terasa berat hilang dengan semangat akfitias yang lebih baik. Apalagi gerakan shalat terbukti ampuh dalam melancarkan oksigen ke otak. Ini akan membuat otakmu menjadi lebih segar. 


Berinteraksi dengan orang lain 
Tentu bisa dibilang rasa kantuk yang datang mendera saat berpuasa di bulan Ramadhan juga dipicu oleh rasa bosan. Otak tidak memiliki aktifitas menyenangkan yang merespon tubuh untuk tetap aktif dan alhasil rasa kantuklah yang jadi jawaban. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk adalah mencari teman ngobrol dan membahas hal-hal yang baru. Dengan membicarakan hal baru yang belum pernah kamu tahu sebelumnya, maka otak akan bekerja lebih aktif lagi dalam merespon setiap ucapan lawan bicara. Yang terpenting adalah tidak bergosip dan membicarakan aib orang lain. Ini tentu malah akan mengurangi pahala puasamu. Lebih baik lagi jika ngobrol dengan lebih dari satu orang agar lebih ramai dan bahan diskusi bisa lebih bervariasi dibandingkan hanya berbicara dengan satu orang saja.

Belanja barang-barang promo

Belanja barang-barang promo 
Melakukan hal yang disenangi bisa juga membuat rasa kantuk hilang. Coba saja untuk berbelanja online atau mencari barang-barang favorit. Kamu bisa mencari produk-produk hobi dan fashion di iLotte dengan penawaran yang menarik. Jangan sampai ketinggalan karena promo ini hanya berlakuk saat Ramadhan tiba saja. Kamu bisa mendapatkan keuntungan harga promo dari iLotte yang membuat rasa kantukmu hilang seketika. Dengan berbelanja dan melakukan hal yang disenangi, dijamin rasa kantuk selama berpuasa di bulan Ramadhan akan hilang. Namun kamu perlu mempersiapkan anggaran dengan sangat matang karena biaya untuk Lebaran sedang menantimu di ujung bulan Ramadhan. 

Jalan-jalan ke luar ruangan 
Berjalan-jalan ke luar rumah bisa jadi salah satu langkah efektif untuk mengusir rasa kantuk yang mendera. Tentu kamu tak ingin melewatkan Ramadhan berkah ini hanya dengan tidur-tiduran dan malas-malasan saja. Coba ke luar dari rumah dan cermati lingkungan sekitar rumah. Jika ada ruang terbuka hijau malah akan lebih baik lagi. Atau bisa juga pergi ke daerah yang cukup tenang dengan suasana alam yang hijau. Dengan melihat pemandangan hijau, mata akan merasa segar dan otak juga merasakan respon positif untuk merasa bugar. Apalagi udara yang dihirup memiliki kandungan oksigen yang tinggi dan membuat otak kembali menyala. Dijamin rasa kantuk akan hilang dan badan menjadi lebih segar. Biasanya rasa bosan di dalam ruangan atau rumah menjadi pemicu malas-malasan dan rasa kantuk yang mendera. Apalagi jika kamu berdiam diri di kamar yang dekat dengan ranjang. Dijamin otak akan terus merespon dan mengajak untuk tidur hingga waktu berbuka tiba. Jadi lebih baik, segera keluar rumah dan pergi ke tempat-tempat alami dengan pemandangan hijau yang indah. Ini bisa jadi cara efektif untuk menyegarkan kembali tubuh dan otakmu. 

Itu dia beberapa cara yang efektif untuk mengusir kantuk saat berpuasa di bulan Ramadhan. Kamu bisa mencoba cara-cara sederhana itu untuk membut puasa kamu tidak sekedar malas-malasan dan tidur-tiduran saja. Masih banyak kegiatan yang positif yang bisa dilakukan meski sedang berpuasa. Bahkan beberapa tips di atas tidak membutuhkan banyak energi dan biaya sehingga kamu masih tetap bisa produktif dan segar dengan cara yang biasa. Kamu bisa merasakan Ramadhan Berkah dan juga menjalani puasa dengan penuh hikmat denga harapan nantinya bisa melebur dosa-dosa dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi dan kembali fitrah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel